8 Tempat Wisata Mojokerto Paling Populer

Mojokerto, sebuah kota yang terletak di Provinsi Jawa Timur, Indonesia, adalah tujuan wisata yang menarik dengan sejarah, budaya, dan alam yang kaya. Jika Anda merencanakan perjalanan ke Wisata di Mojokerto, jangan lewatkan tujuh tempat wisata paling populer ini:

1. Candi Tikus

Candi Tikus adalah salah satu situs arkeologi terpenting di Mojokerto. Candi ini memiliki kolam air panas yang digunakan untuk ritual keagamaan pada masa lalu. Pengunjung dapat menjelajahi kompleks candi, yang termasuk kolam dan struktur bersejarah lainnya, serta belajar tentang sejarah dan budaya kawasan ini.

2. Jembatan Gantung Sengguruh

Jembatan Gantung Sengguruh adalah jembatan gantung yang menghubungkan dua bukit di daerah Sengguruh. Pengunjung dapat menikmati pemandangan alam yang menakjubkan dari jembatan ini, dan pengalaman melintasinya sangat menyenangkan. Jembatan ini juga sering digunakan oleh penduduk setempat untuk mengakses daerah sekitarnya.

3. Monumen Trinil

Monumen Trinil adalah tempat penting dalam sejarah penelitian manusia purba. Situs ini terkenal karena penemuan fosil Pithecanthropus erectus (sekarang dikenal sebagai Homo erectus) yang pertama kali diidentifikasi oleh Eugene Dubois. Pengunjung dapat melihat replika fosil-fosil ini dan belajar lebih lanjut tentang evolusi manusia.

4. Air Terjun Kakek Bodo

Air Terjun Kakek Bodo adalah salah satu air terjun terkenal di Mojokerto. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 25 meter dan terletak di tengah hutan yang hijau. Pengunjung dapat menikmati keindahan alam sekitarnya dan berenang di kolam alami yang sejuk.

Baca Juga:  8 Pantai di Bali yang Terkenal untuk Liburan Sekolah

5. Makam Joko Dolog

Makam Joko Dolog adalah makam bersejarah yang terletak di tengah kota Mojokerto. Makam ini diyakini sebagai makam seorang raja Hindu yang memerintah daerah ini pada masa lalu. Makam ini memiliki arsitektur yang indah dan menjadi tempat ziarah penting bagi umat Hindu.

6. Danau Ngebel

Danau Ngebel adalah danau buatan yang populer di Mojokerto. Danau ini adalah tempat yang tepat untuk bersepeda, berperahu, atau sekadar bersantai di tepi danau. Kawasan ini juga memiliki area piknik yang nyaman dan restoran yang menyajikan makanan khas.

7. Candi Pari

Candi Pari adalah salah satu candi Hindu yang terletak di Mojokerto. Candi ini memiliki arsitektur yang indah dan sering digunakan sebagai tempat peribadatan oleh umat Hindu setempat. Pengunjung dapat mengagumi relief-relief dan dekorasi yang rumit di candi ini.

8. Taman Wisata Gunung Gangsir

Taman Wisata Gunung Gangsir adalah destinasi wisata alam yang indah di Mojokerto. Taman ini menawarkan pemandangan alam yang memukau dengan hutan hijau, air terjun, dan sungai yang mengalir. Pengunjung dapat melakukan trekking dan berjalan-jalan sambil menikmati alam yang segar.

Dalam penutup, Mojokerto adalah kota yang kaya akan sejarah, budaya, dan alam yang menakjubkan. Tujuh tempat wisata ini adalah hanya sebagian kecil dari apa yang dapat Anda nikmati di Mojokerto. Ketika Anda mengunjungi Wisata di Pacet, Anda akan memiliki kesempatan untuk menjelajahi kekayaan sejarah dan keindahan alamnya, serta merasakan keramahan penduduk setempat.

Baca Juga:  8 Tempat Wisata di Tomohon yang Asri
Back to top