10 Makanan Khas Maluku yang Paling Terkenal dan Wajib Dicoba

Kepulauan Maluku, dikenal sebagai “Surga di Timur Indonesia”, tidak hanya menawarkan keindahan alam yang menakjubkan tetapi juga kekayaan kuliner yang luar biasa.

Dari rempah-rempah yang kaya hingga hidangan laut yang lezat, makanan khas Maluku menggabungkan berbagai cita rasa dan teknik memasak yang unik.

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi beberapa Makanan Unik Maluku yang paling terkenal dan wajib Anda coba ketika mengunjungi wilayah ini.

1. Ikan Bakar Maluku

Ikan bakar merupakan hidangan yang sangat populer di Maluku. Ikan segar, seperti ikan kakap merah atau tuna, dibumbui dengan rempah-rempah khas Maluku seperti kunyit, jahe, dan bawang putih, lalu dipanggang di atas bara api.

Proses pemanggangan ini memberikan rasa yang khas dan aroma yang menggugah selera. Ikan bakar Maluku biasanya disajikan dengan sambal pedas dan nasi putih hangat.

2. Papeda

Papeda adalah makanan khas Maluku yang terbuat dari sagu. Sagu direbus dalam air hingga menjadi bubur kental dan lengket.

Papeda sering disajikan dengan kuah ikan yang kental dan pedas, yang terbuat dari ikan tuna atau cakalang yang direbus dengan rempah-rempah dan daun kemangi.

Meskipun teksturnya agak lengket, papeda memiliki cita rasa yang lezat dan merupakan hidangan yang sangat memuaskan.

3. Rendang Maluku

Rendang tidak hanya makanan khas Minangkabau, tetapi juga ditemukan di Maluku dengan sentuhan khas daerah tersebut.

Baca Juga:  Pulau Padar, Pulau Cantik dengan Keindahan Alamnya Memesona di Labuan Bajo

Rendang Maluku sering kali menggunakan bahan dasar daging sapi atau daging ayam yang dimasak dalam santan dan rempah-rempah khas Maluku seperti lengkuas, serai, dan daun jeruk.

Proses memasak yang lambat dan penggunaan rempah-rempah yang melimpah memberikan cita rasa yang kaya dan gurih pada rendang Maluku.

4. Sagu Woku

Sagu woku adalah hidangan tradisional Maluku yang terbuat dari sagu, ikan, dan rempah-rempah. Sagu direbus hingga matang, lalu dicampur dengan ikan yang telah digoreng kering dan rempah-rempah seperti kemiri, lengkuas, dan cabai.

Hidangan ini memiliki cita rasa yang unik dan kompleks, dengan kombinasi tekstur dari sagu yang kenyal dan ikan yang renyah.

5. Kuah Asam Tuhuh

Kuah asam tuhuh adalah hidangan sup pedas yang terkenal di Maluku. Kuahnya terbuat dari campuran santan, daun kunyit, daun jeruk, dan cabai rawit yang membuatnya memiliki rasa yang kaya dan pedas.

Biasanya, kuah asam tuhuh disajikan dengan ikan tuna atau cakalang yang direbus dan daging kelapa parut.

6. Bobara

Bobara adalah hidangan pencuci mulut tradisional Maluku yang terbuat dari ubi jalar dan pisang.

Ubi jalar dan pisang direbus bersama dengan gula merah dan santan hingga matang dan menjadi lembut. Hidangan ini biasanya disajikan sebagai pencuci mulut setelah makan malam dan memiliki cita rasa yang manis dan lezat.

Baca Juga:  Rekomendasi Kuliner Solo Terbaru dan Terenak

7. Ikan Kuah Kuning

Ikan kuah kuning adalah hidangan ikan yang dimasak dalam kuah kuning yang kental dan pedas. Kuah kuning ini terbuat dari campuran rempah-rempah seperti kunyit, jahe, bawang putih, dan cabai.

Ikan yang digunakan biasanya adalah ikan lokal seperti ikan kakap merah atau cakalang. Hidangan ini sering disajikan dengan nasi putih hangat dan irisan tomat serta mentimun.

8. Lemu

Lemu adalah makanan tradisional Maluku yang terbuat dari beras ketan yang difermentasi. Ketan direndam dalam air hingga lunak, lalu difermentasi selama beberapa hari dengan ragi tradisional yang disebut “ragi ketan”.

Setelah proses fermentasi selesai, lemu memiliki tekstur yang kenyal dan rasa yang sedikit asam. Lemu sering dimakan sebagai makanan pendamping atau camilan.

9. Sambal Colo-colo

Sambal colo-colo adalah sambal khas Maluku yang terbuat dari cabai rawit, tomat, bawang putih, dan jeruk nipis.

Sambal ini memiliki rasa yang pedas, segar, dan sedikit asam yang cocok untuk disajikan dengan berbagai hidangan, mulai dari ikan bakar hingga papeda. Sambal colo-colo sering dianggap sebagai pelengkap yang wajib ada di meja makan di Maluku.

10. Kue Kacang

Kue kacang adalah kue tradisional Maluku yang terbuat dari kacang tanah yang digiling halus, gula, dan santan kelapa.

Adonan kemudian dipanggang hingga matang dan memiliki tekstur yang renyah di luar dan lembut di dalam. Kue kacang sering kali dihidangkan sebagai camilan atau makanan pencuci mulut setelah makan.

Baca Juga:  10 Makanan Khas Bandung yang Populer & Wajib Dicoba

Kesimpulan

Makanan khas Maluku menawarkan kombinasi unik dari rempah-rempah, bahan lokal, dan teknik memasak tradisional yang menghasilkan hidangan yang kaya akan cita rasa dan aroma.

Dari ikan bakar yang segar hingga sagu woku yang kenyal, setiap hidangan mengungkapkan kekayaan budaya dan Wisata Maluku Utara yang luar biasa.

Jadi, ketika Anda berkunjung ke Maluku, pastikan untuk mencoba berbagai hidangan khas ini untuk pengalaman kuliner yang tak terlupakan!

Back to top