Tips untuk Memulai Bisnis yang Sukses

Kemungkinan Anda telah menyiapkan rencana bisnis yang komprehensif, memetakan bagaimana Anda akan menjalankan bulan pertama kepemilikan Anda. Namun, penting untuk diingat bahwa rencana ini hanyalah panduan, dokumen langsung. Lihat, perbaiki dan sesuaikan sesuai dengan apa yang terjadi secara real-time. Seperti yang kita ketahui, semuanya jarang berjalan sesuai rencana.

Untuk awal yang baik dalam bisnis baru Anda, Anda harus berpikir keras, gesit, dan terbuka untuk bergerak ke arah yang paling sesuai dengan bisnis Anda.

Struktur untuk Sukses

Tujuan Anda selalu memiliki orang yang tepat dalam pekerjaan yang tepat, bahkan jika itu berarti melepaskan beberapa orang baik. Lebih mudah diucapkan daripada dilakukan tetapi penting untuk produktivitas Anda dan pada akhirnya, kesuksesan Anda. Perubahan pada model atau proses bisnis Anda kemungkinan akan memengaruhi peran tertentu. Beberapa peran akan menjadi berlebihan, sementara yang lain akan membutuhkan keterampilan di luar kompetensi inti anggota staf yang ada. Memegang anggota staf karena Anda tidak bisa membiarkan mereka pergi bukanlah keputusan bisnis yang baik, juga tidak memiliki seseorang yang bekerja dalam peran yang tidak sesuai dengan keahlian mereka.

Tetapkan dan Sempurnakan Proses Anda

Untuk setiap fungsi dalam bisnis Anda, harus ada proses yang terdokumentasi, tinjauan kinerja, target penjualan, prosedur akuntansi, tujuan bisnis, penerimaan staf baru – metode yang jelas menetapkan arah terpadu dan memastikan konsistensi dan akuntabilitas. Pertumbuhan dan kesuksesan perusahaan Anda bergantung pada seberapa efektif proses Anda.

Sabar

Bersikaplah konservatif dalam proyeksi Anda dan bersabarlah untuk membiarkannya terungkap. Tidak ada yang berjalan sesuai rencana dan biasanya memakan waktu lebih lama dari yang Anda harapkan. Bangun kemungkinan ke dalam proyeksi Anda; ini akan memungkinkan kerangka waktu yang fleksibel, menyelamatkan Anda dari kekecewaan dan mempersiapkan Anda untuk menghadapi perubahan mendadak atau hal-hal di luar kendali Anda, jika itu muncul.

Bergerak Bersama Pasar

Awasi pasar Anda dengan cermat. Anda dapat yakin bahwa pesaing Anda! Lihat penawaran Anda. Apakah layanan atau produk Anda memenuhi kebutuhan konsumen Anda? Apakah model bisnis Anda masih relevan, atau perlu disegarkan untuk mencerminkan perubahan pasar? Kegagalan untuk beradaptasi dan mengikuti perkembangan pasar dapat berdampak buruk bagi perusahaan Anda.

Memiliki Pola Pikir yang Fleksibel

Tidak peduli keadaan pembelian Anda, Anda memasuki bisnis yang mapan, jangan berasumsi bahwa yang bekerja dengan baik di lingkungan kerja Anda sebelumnya akan cocok untuk perusahaan baru Anda. Jangan terburu-buru untuk mendefinisikan kembali budaya, nilai-nilai inti, pernyataan misi atau proses. Luangkan waktu untuk menilai elemen-elemen ini, bagaimana mereka melayani bisnis dengan baik dan menyelaraskan dengan rencana kepemimpinan Anda.

Manfaatkan Sumber Daya Eksternal

Jangan takut untuk mencari jawaban atau saran dari sumber eksternal. Dapatkan diri Anda seorang mentor bisnis, bergabunglah dengan komunitas bisnis atau manfaatkan salah satu dari banyak sumber online gratis yang tersedia untuk Anda. Tidak ada gunanya mencoba mengukir jalan jika orang lain telah memetakannya di depan Anda. Menjangkau nasihat dapat menghemat banyak waktu berharga Anda dan mencegah Anda membuat kesalahan yang merugikan.

Memiliki Akses ke Semua Dokumen Penting

Beberapa bulan pertama dalam bisnis akan melibatkan periode pembelajaran yang intens, kemungkinan pemilik sebelumnya akan menyetujui periode serah terima dan akan siap menjawab semua pertanyaan Anda dan melatih Anda dalam pekerjaan. Namun, ada baiknya untuk memiliki akses siap ke semua dokumentasi penting sehingga Anda dapat melakukan referensi silang bila diperlukan.

Admin

Back to top