Riset Pasar, Alat Penting untuk Kesuksesan Bisnis

Riset pasar adalah komponen inti dari pertumbuhan bisnis. Kita semua tahu bahwa menjalankan bisnis Anda sendiri memiliki beberapa risiko, tetapi apakah Anda mencoba untuk memperluas audiens target Anda, bekerja untuk meningkatkan pengalaman pelanggan, atau Anda mempromosikan produk baru, riset pasar memungkinkan Anda untuk menghitung risiko ini sehingga Anda dapat menggunakan sumber daya Anda yang terbatas secara efisien.

Perilaku konsumen bergantung pada konteks. Untuk meningkatkan penjualan, Anda perlu menyesuaikan fitur produk dan iklan untuk konteks ini. Perusahaan menggunakan riset pasar untuk mendapatkan wawasan tentang tren pasar saat ini, ukuran pasar, audiens target, dan pesaing sehingga mereka dapat mengembangkan strategi tentang cara menggunakan faktor-faktor ini untuk kepentingan mereka.

Artikel ini akan mengeksplorasi aspek fundamental dari riset pasar dan bagaimana menggunakannya untuk memaksimalkan kesuksesan bisnis.

Apa itu Riset Pasar?

Riset pasar digunakan untuk mengevaluasi kelayakan peluang bisnis baru. Ini dapat didefinisikan sebagai proses yang melibatkan pengumpulan data tentang demografi target, persona pembeli, ceruk pasar, dan tren pasar saat ini untuk menilai permintaan produk atau layanan. Langkah selanjutnya adalah menganalisis data dan melihat apakah ada permintaan yang cukup untuk menghasilkan keuntungan.

Penelitian primer menggunakan informasi yang dikumpulkan dari survei online, wawancara telepon, dan kelompok fokus. Sesuai dengan namanya, data ini dikumpulkan langsung dari perwakilan audiens target Anda dan digunakan untuk menentukan preferensi pelanggan dan kesadaran merek. Ini berguna saat mensegmentasi pasar perusahaan dan mengidentifikasi persona pembeli yang ideal.

Langkah pertama terdiri dari penelitian eksplorasi yang difokuskan terutama pada masalah potensial dengan strategi pemasaran, dan dilakukan melalui survei dan wawancara online. Isu-isu yang diidentifikasi pada tahap ini diselidiki lebih lanjut pada langkah kedua yang berfokus pada segmen demografis tertentu.

Penelitian sekunder didasarkan pada data yang dikumpulkan dari catatan publik dan internal seperti statistik pasar, laporan tren, dan data penjualan. Jenis data ini sangat berguna ketika mencoba mengevaluasi persaingan.

Anda dapat menggunakan sumber daya pemerintah seperti statistik atau laporan pasar dari sumber komersial seperti lembaga penelitian. Anda juga akan menggunakan data internal seperti riwayat pasar produk serupa, pendapatan rata-rata per penjualan, dan tingkat retensi pelanggan.

Apa Manfaat yang Diberikan Riset Pasar?

Kapan pun Anda ingin menjual sesuatu, Anda perlu tahu siapa yang ingin membeli, mengapa, seberapa sering, dan berapa banyak yang bersedia mereka belanjakan. Perusahaan konsultan seperti Savanta meneliti jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini untuk menentukan apa yang dibutuhkan, diinginkan, dan diharapkan oleh calon pelanggan Anda dari produk atau layanan Anda.

Mereka akan membantu Anda mengembangkan strategi periklanan dan penetapan harga mulai dari profil rinci demografi ideal Anda berdasarkan faktor-faktor seperti usia, jenis kelamin, lokasi, tingkat pendapatan, gaya hidup, dan nilai pribadi.

Manfaat lain dari riset pasar adalah memungkinkan Anda untuk beradaptasi dengan dunia yang terus berubah karena membuat Anda tetap mengikuti tren pasar. Ini sangat penting untuk kelangsungan hidup dan pertumbuhan bisnis. Pesaing Anda melakukannya, dan Anda juga perlu melakukannya. Untungnya, Anda juga dapat menggunakan ini untuk keuntungan Anda karena Anda dapat mengukur dan menganalisis hasil upaya pemasaran mereka untuk mengidentifikasi kesenjangan dan menemukan strategi yang paling efektif.

Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, riset pasar dapat digunakan untuk meningkatkan peluang keberhasilan rilis produk. Meskipun tidak ada metode yang dapat menjamin tanggapan positif dari pelanggan, Anda dapat menggunakannya untuk mengetahui fitur apa yang paling penting, pesan iklan apa yang paling sesuai, dan waktu serta tempat yang ideal untuk meluncurkan produk.

Terakhir, riset pasar membantu Anda mengidentifikasi peluang pertumbuhan. Tujuan dari setiap perusahaan adalah untuk berkembang, tetapi untuk itu, Anda perlu mengidentifikasi peluang bisnis yang layak. Riset pasar membantu Anda memahami cara menjual produk atau layanan Anda ke audiens target baru. Anda dapat menggunakan informasi ini untuk membuat rencana bisnis yang solid yang meminimalkan kerugian dan meningkatkan keuntungan.

Kesalahan Riset Pasar yang Harus Dihindari

Kesalahan paling umum yang dilakukan pemilik bisnis adalah menganggap mereka tahu segalanya tentang industri dan pelanggan mereka. Jika Anda telah menjalankan perusahaan selama bertahun-tahun, dapat dimengerti bahwa Anda berpikir bahwa pengalaman Anda memberi Anda tingkat keahlian tertentu, jadi riset pasar bukanlah pengeluaran yang diperlukan.

Sayangnya, pengalaman bisa membuat kita mengembangkan prasangka dan seringkali membuat kita kurang bisa beradaptasi. Ada kenyamanan dalam keakraban, dan kami ingin terus melakukan hal-hal yang kami tahu selalu berhasil. Namun, hanya karena sebuah strategi telah berhasil selama beberapa dekade, itu tidak membuatnya kebal terhadap gangguan pasar. Riset pasar akan membantu Anda menghindari kesalahan ini dengan memberi Anda wawasan terkini tentang tren konsumen sehingga Anda dapat menguji asumsi Anda dan menyesuaikan bila diperlukan.

Kesalahan umum lainnya adalah membatasi diri Anda pada penelitian sekunder untuk mengurangi pengeluaran. Kami telah menjelaskan sebelumnya bahwa ada dua jenis riset pasar tergantung pada sumber informasinya. Penelitian sekunder menggunakan data dari sumber publik atau komersial.

Meskipun penelitian sekunder berharga sebagai titik awal, itu tidak dapat menggantikan kejelasan yang diberikan oleh data yang dikumpulkan langsung dari pelanggan. Survei dan wawancara mungkin memerlukan biaya tambahan, tetapi survei dan wawancara memberi Anda pengetahuan langsung tentang ekspektasi konsumen saat ini.

Kesalahan ketiga yang perlu kami sebutkan adalah mengabaikan pesaing Anda. Kami telah menjelaskan bagaimana Anda dapat menggunakan data dari upaya pemasaran mereka untuk menciptakan strategi yang lebih efektif untuk pertumbuhan bisnis. Melewati langkah ini berarti kehilangan kesempatan untuk mempelajari bagaimana Anda dapat membedakan diri sendiri dan mendapatkan keunggulan kompetitif.

Terakhir, kesalahan terbesar yang dapat Anda lakukan saat melakukan riset pasar adalah memulai proses tanpa pemahaman yang jelas tentang apa yang Anda cari. Riset pasar adalah investasi. Untuk membuatnya sepadan dengan waktu dan uang Anda, Anda harus terlebih dahulu memutuskan serangkaian tujuan yang jelas. Tujuan ini akan menentukan metodologi apa yang akan memberi Anda hasil terbaik dan pertanyaan apa yang harus diajukan selama penelitian utama.

Anda dapat mulai dengan menuliskan beberapa pertanyaan yang ingin Anda tanyakan kepada pelanggan Anda jika diberikan perubahan. Misalnya, apa yang terlintas di benak mereka saat melihat produk dari merek Anda atau dari beberapa pesaing terpenting Anda.

Admin

Back to top